10 Pemain Tengah Terbaik Sepanjang Sejarah

Posisi gelandang merupakan posisi inti dalam sebuah klub sepak bola karena merekalah yang mengatur tempo dan menjadi otak penyerangan dari sebuah klub.Berikut merupakan pemain tengah terbaik sepanjang masa dan bukan berdasarkan urutan:

  • Gheorghe Hagi (Rumania)



Sang “Maradona dari Balkan” ini banyak dipuja di Rumania dan Turki. Tiga kali tampil di Piala Dunia, ia mencetak 126 kemenangan untuk Romania, dan merupakan topskor dengan 35 gol. Ia adalah satu dari sedkit pemain yang pernah tampil untuk Real Madrid dan Barcelona.Diakhir karirnya ia bermain bagi klub raksasa Turki yaitu Galatasaray.

  • Ruud Gullit (Belanda)

Peraih gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 1987 dan 1989, ia mampu bermain di berbagai posisi. Ia turut bermain dalam pasukan Belanda yang memenangkan Euro 1988, sekaligus Piala Dunia 1990. Kedatangannya di Milan mampu mengangkat klubnya untuk memenangkan mahkota Serie A Italia untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun terakhir.

  • Roberto Baggio (Italia)

Siapa yang tak mengenal Il Codino? Ia adalah pemain paling populer sepanjang 1990-an dan awal 2000, dan hingga kini merupakan satu-satunya pemain Italia yang mampu mencetak gol pada tiga Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1994, ia berkali-kali menjadi juru selamat Italia, dan membuka jalan ke final. Sayang tendangan penaltinya yang melenceng di final membuat Italia gagal menjadi juara untuk yang keempat kalinya.Dia juga salah satu pemain yang peernah membela 3 klub besar Italia yaitu Juventus,AC Milan dan Internazionale Milano.

  • Zico (Brasil)

Di mata Pele, Zico adalah pemain yang bisa disejajarkan dengan dirinya. Tak heran jika ia dijuluki “Pele Putih”. Meski dikaruniai bakat yang luar biasa dan sering diakui sebagai pemain terbaik dunia pada awal 80-an, ia tidak pernah memenangkan Piala Dunia. Padahal, ia mencetak 66 gol dari 88 pertandingan untuk Brasil, dan tampil di Piala Dunia empat kali, yaitu pada 1978, 1982 dan 1986 World Cups, dengan tim 1982 banyak diakui sebagai yang paling hebat dalam sejarah Brasil, selain tim 1970.

  • Johan Cruyff (Belanda)

Cruyff adalah pemegang gelar Pemain Terbaik Eropa tiga kali, rekor yang dibaginya bersama Platini dan Marco van Basten. Pada 1999, ia terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa Abad Ini versi IFFHS, dan hanya kalah oleh Pele di kategori Pemain Terbaik Dunia Abad ini. Selain dikenal karena sebagai penganut Total Football nomor satu, ia merupakan pemain yang sangat tenang menghadapi saat-saat sulit.Ia juga memenangkan banyak gelar baik bersama Ajax maupun Barca.

  • Diego Maradona (Argentina)

Kebengalannya tidak lantas membuat orang menutup mata atas bakat yang dimilikinya. Pada 2000 ia berbagi mahkota Pemain Terbaik Abad Ini versi FIFA bersama Pele, setelah sebelumnya menduduki tempat teratas pada polling online FIFA tentang Pemain Terbaik Abad ke-20. Meski “Gol Tangan Tuhan”-nya banyak menimbulkan kontroversi, siapa yang mampu melupakan gol-nya yang ditembakkan dari jarak 60 meter melawan Inggris di perempat-final Piala Dunia 1986? Bahkan Platini pernah berkata, “Apa yang bisa dilakukan oleh Zidane dengan bola, Maradona mampu melakukannya dengan sebuah jeruk”.Yah walaupun menurut ayas kedua pemain tadi memiliki keahlian yang berbeda.

  •   Zinedine Zidane (Prancis)

Inilah salah satu dari dua pemegang gelar Pemain Terbaik Dunia tiga kali, disamping Ronaldo. Pada penampilan debutnya bersama Prancis, ia mencetak dua gol ke gawang Republik Ceko pada 1994. Namun, baru empat tahun kemudian ia menjadi legenda hidup dengan dua gol di final versus Brasil.Ia juga membawa Prancis juara Piala Dunia pada tahun 1998 dan ditahun 2006 ia membawa Prancis menjadi runner-up.Pada 2001, ia diboyong oleh Real Madrid dengan rekor transfer termahal senilai €76 juta pada waktu itu.Pemain yang satu ini juga tak luput dari kontroversi seperti tandukkannya terhadap Materazzi saat Prancis melawan italia.

  • Seteven Gerrard (Inggris)
 
Pasti banyak yang tak menyangka saya memasukkan ia didaftar ini.Legenda hidup Liverpool ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sebagai pemain tengah yang hebaik baik saat membantu pertahanan dengan tekcle-tekclenya yang bersih maupun dam penyerangan melalui upan-upannya yang memanjakkan pemain depan maupun tendangan jarak jauhnya yang menajubkan.Pemain ini juga salah satu dari sekian banyak pemain inggris mencatatkan lebih dari 100 kali penampilan dan masih bisa bertambah lagi.Walaupun bersama Timnas Inggris ia belum pernah memenangkan apapun.
  • Frank Lampard (Inggris)
 
Ia juga pemain tengah terbaik yang pernah dimiliki Inggris disamping Steven Gerrard.Legenda hidup Chelsea ini jug merupakan salah satu pemain yang cukup produktif untuk seorang pemain tengah ia telah mencatatkan 203 gol bagi Chelsea dan menjadi tops skorer sepanjang masa Chelsea,catatan golnya masih bis bertambah lagi mengingat ia masih aktif dan bermain bersama Chelsea.Bersama Chelsea ia juga mencatatkan Penampilan terbanyak sebanyak 403 penampilan dan juga masih bisa bertambah lagi.Walaupun sama seperti Gerrard ia bersama Timnas Inggris ia belum pernah memenangkan apapun.
  • Xavi Hernandez (Spanyol)
xavi-hernandez
Alumni La Masia ini merupakan pemain tengah terbaik berikutnya.Legenda hidup Barca ini tengah memenangkan banyak gelar dengan Barcelona maupun dengan Spanyol.Bagi timnas Spanyol ia telah mempersembahkan banyak gelar bergengsi diantarannya Piala Eropa 2008,2012 dan juga FIFA World Cup 2010.Pemain ini sangat dikenal dengan umpan-umpannya yang menakutkan dan juga akurasi yang sangat baik

 

Leave a Reply